Selasa, 14 Agustus 2012

Wisata Sejarah di Banyumas

Berwisata atau orang kerap menyamakannya dengan liburan biasanya hanya menjadi hiburan semata. Namun, sebenarnya, berwisata juga dapat menambah wawasan sejarah kita. Kali ini saya akan ajak sobat berwisata ke tempat-tempat sejarah di Banyumas. Beberapa tempat wisata bersejarah di Banyumas yang dapat sobat kunjungi antara lain;

Watu Kentheng atau Watu Lumpang


Watu Kentheng atau Watu Lumpang berada di dukuh Wanasari desa Kemawi kecamatan Somagede (berada di kawasan hutan pinus daerah pegunungan). Ada kepercayaan bahwa apabila seseorang mempunyai suatu keinginan dan bisa mengangkat batu tersebut maka keinginan itu bisatercapai atau terkabul.

Situs Carangandul


Situs ini berada di dukuh Carang desa Tamansari kecamatan Karanglewas (berada di tengah-tengah kebun). Menurut cerita situs tersebut merupakan bekas kepala patih Carangandul yang dibunuh oleh utusan dari Demak.

Pendopo Sipanji Banyumas dan Sumur Mas


Tempat wisata bersejarah yang satu ini terletak di desa Sodagaran kecamatan Banyumas (satu lokasi dengan museum Wayang Sendangmas Banyumas). Merupakan pendopo kadipaten Banyumas (kabupaten Banyumas) sebelum pindah ke Purwokerto tahun 1937. Sumurmas airnya berwarna keemasan dan banyak diziarahi serta diambil airnya untuk obat kesembuhan.

Situs Baturragung


Terletak di desa Baseh kecamatan Kedungbanteng. Situs ini memperlihatkan ciri-ciri megalitik beberapa indikasi arkeologi yang dengan mudah dijumpai di dalamnya, antara lain berupa bangunan berundak (tiga undakan) dengan pagar keliling yang membatasi undakan, batu-batu tegak atau menhir yang berserakan disetiap undakan serta arca-arca batu dan lumpang batu. (foto diambil dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Banyumas Raya is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...