Selasa, 14 Agustus 2012

Wisata Religi ke Makam R. Joko Kaiman Banyumas

Buat sobat yang ingin melakukan wisata religi di Banyumas, ada baiknya mampir di desa Dawuhan. Dawuhan adalah sebuah desa di Kecamatan Banyumas, letaknya kurang lebih 5 Km sebelah barat alun-alun Banyumas (alun-alun lama). Di desa Dawuhan ini banyak terdapat tempat-tempat yang istimewa jika dibandingkan dengan desa-desa lain di wilayah Kecamatan. Banyumas.

Di desa ini terdapat areal pemakaman bersejarah yang cukup luas dimana di areal ini dimakamkan para leluhur dan pemimpin atau Bupati-Bupati Banyumas. Salah satunya adalah makam bupati pertama Banyumas, R. Joko Kaiman. Pada setiap hari jadi Banyumas lokasi ini menjadi salah satu tempat yang rutin diziarahi oleh masyarakat dan pejabat-pejabat dari Lingkungan Kabupaten Banyumas.

Di desa Dawuhan ini juga terdapat musium benda-benda pusaka yang lokasinya berada di Kalibening, kira-kira 1 Km sebelah barat makam. Benda-benda pusaka tersebut rutin setiap bulan Mulud dibersihkan dan dicuci (penjamasan pusaka) di sebuah sumur yang terletak di atas bukit yang airnya tidak pernah kering walaupun misim kemarau panjang. Sumur tersebut dinamakan sumur pasucen yaitu sumur untuk mensucikan (membersihkan), air dari sumur pasucen bagi yang percaya mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit. Biasanya pada acara penjamasan pusaka ini rame dikunjungi oleh masyarakat sekitar Banyumas dan dari luar daerah Banyumas untuk menyaksikan acara penjamasan pusaka, ziarah atau bagi yang ingin jalan-jalan saja untuk melihat pemandangan sekitar Banyumas dengan kelokan sungai Serayu yang indah.


 Makam R.Joko Kaiman

 Makam R. Joko Kaiman

 Penjamasan Pusaka

Penjamasan Pusaka

Prasasti




0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Banyumas Raya is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...